Peluang usaha kecil atau mikro di menjadi diperhitungkan saat ini. Terlebih di daerah yang sedang berkembang. Usaha mikro masih menjadi tumpuan ekonomi daerah. Selain karena hanya membutuhkan modal yang kecil, usaha mikro juga dapat menyelamatkan daerah atas krisis ekonomi ataupun pertumbuhan ekonomi yang rendah.

Di era teknologi seperti sekarang ini, usaha mikro sebenarnya menjanjikan. Hal tersebut dikarenakan, adanya market place yang memudahkan orang dalam melakukan transaksional atau jual beli. Orang lebih mudah dalam melakukan kegiatan jual-beli karena langsung dipertemukan dengan penjual.

Melihat kondisi tersebut, peluang usaha kecil akan lebih mudah untuk mendapatkan pasar. Yang terpenting adalah mampu berkoneksi dengan internet dan mempunyai produk. Di era ini tidak perlu mempunyai lapak fisik. Sebenarnya, hadirnya teknologi sangat membantu pertumbuhan ekonomi daerah, terutama daerah tertinggal.

Di bawah ini, penulis akan memberikan beberapa penjelasan mengenai usaha apa saja yang dapat dilakukan di daerah berkembang dengan modal yang minimal (sedikit). Bagi kalian yang berasal atau sedang bertempat tinggal di daerah berkembang untuk diperhatikan lebih serius, barangkali usaha tersebut cocok dengan passion kalian, dan menjadi rezeki bagi kalian.

Secara garis besar, usaha terebut terbagi menjadi dua bagian

  1. Usaha dengan mengunakan keahlian khusus

Usaha dengan mengunakan keahlian khusus ini biasanya hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu. Artinya tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut. Usaha ini pula biasanya bergerak dalam penyedia jasa.

Usaha-usaha tersebut di antaranya adalah desain grafis, barbershop atau potong rambut, jasa menjahit, jasa pembuatan web, atau jasa cleaning service. Usaha tersebut tidak membutuhkan banyak modal. Asalkan punya skill dan kemauan saya kira untuk mewujudkannya sangatlah mudah. Untuk mencari pasar pun lebih mudah karena dibantu dengan hadirnya teknologi.

  1. Usaha yang bisa dibuka di rumah

Usaha pada jenis ini biasanya lebih menghemat biaya dan tidak membutuhkan modal yang banyak. Pasalnya, usaha pelaku usaha tidak perlu menyewa tempat untuk usahanya. Dan secara otomatis pelaku usaha menghemat banyak biaya terutama dalam perhitungan in kost atau sewa tempat.

Usaha seperti ini di antara catering, konter, laundry, budidaya jamur, membuat kerajinan tangan, dan masih banyak lagi. Pelaku usaha tidak harus mengeluarkan modal yang besar untuk memulai usaha tersebut.

Berikut adalah jenis-jenis usaha yang mengunakan keahlian khusus dan berpeluang menjadi besar.

  1. Jasa desain grafis

Image result for jasa desain grafis

Salah satu jasa yang dibutuhkan di era teknologi saat ini adalah desain grafis. Hal tersebut dikarenakan tren pasar yang lebih menyukai visual. Maka dari itu, jasa desain grafis sangat dibutuhkan di segala sektor, baik itu dalam bidang pendidikan, dakwah, kuliner, bahkan kesehatan.

Maka dari itu, peluang seorang desainer saat ini sangat dibutuhkan dalam dunia pasar. Menjadi desainer pun tidak harus terikat kontrak dengan perusahaan secara ketat. Kalian juga bisa menyediakan jasa desain grafis secara mandiri. Pasalnya, banyak sekali project desain dilelang atau dibuat kompertisi.

Penghasilan menjadi seorang desainer jika diseriusi sangat menjanjikan. Dalam sekali project kalian bisa mendapatakan puluhan juta, dan hanya dilakukan dalam durasi waktu yang sangat pendek.

Asyiknya lagi, kalian bisa mengerjakannya di mana saja, sesuai dengan kenyamanan sendiri. Bisa dilakukan di rumah, di pasar, di lapangan, di kamar, ataupun di warung kopi. Dengan waktu yang sangat fleksibel pula.

  1. Babershop (Potong Rambut)

Image result for potong rambut atau barbershop

Jasa potong rambut menjadi salah satu usaha yang berpotensi besar untuk berkembang di daerah pedesaan. Usaha ini pun tidak membutuhkan modal yang yang besar dalam proses menjalankannya.

Kenapa bisa berpontensi besar ?

Logikanya adalah setiap orang memiliki rambut dan setiap orang butuh untuk merapikan rambutnya. Maka secara tidak langsung untuk memenuhi kebutuhan tersebut, mereka pasti membutuhkan tukang cukur.

Dalam hal cukur-mencukur yang terpenting kalian ramah dengan pelanggan dan mempunyai teknik cukur yang maksimal. Pasalnya, selain kenyamanan yang dibutuhkan orang dalam hal ini adalah kerapian.

Hal tersebut dikarenakan banyak orang yang peduli dengan gaya rambut dan sebagian dari mereka menganggap gaya rambut adalah bagian terpenting dari gaya diri. Banyak orang yang tidak percaya diri karena gaya rambutnya buruk.

Apalagi kalau orang tersebut adalah publik figur, pasatinya gaya rambut sangat diperhatikan. Padahal, dalam membuka usaha ini kalian hanya bermodal kaca, kursi, gunting, dan mesin pemotong rambut.

  1. Membuka Khursus atau Bimbingan Belajar

Image result for bimbingan belajar

Jika kalian sarjana atau memiliki kemampuan dalam mengajar alangkah baiknya untuk membuka khursus ataupun bimbingan belajar. Selain untuk menjaga marwah literasi dan mencerdaskan kehidupan bangsa seperti halnya yang tertera dalam Undang-undang dasar 1945. Membuka bimbingan belajar juga menjanjikan dalam tataran ekonomi.

Apalagi, perhatian masyarakat terhadap pendidikan sekarang meningkat. Terlebih soal mendapatkan nilai yang bagus di sekolah. Sekolah sudah menjadi gaya hidup orang sekarang. Buat ajang gengsi salah satunya.

Orang tua rela mengkhursuskan anaknya dalam belajar demi mengejar nilai yang maksimal. Selain karena orang tuanya sibuk, sehingga tidak ada waktu untuk mengajar anak-anaknya. Mereka terkadang males, mungkin karena efek sudah terlalu sering instan.

Itu sisi menguntungkannya, jika kalian membacanya mengunakan analisis swot atau peluang. Nilai suplai dan domainnya menarik untuk diperhitungkan.

Namun, saya harap kalian tidak berhenti di sana. Kalian lebih idealis dalam membuka khursus. Misalkan, kalian jenuh atau bosen dengan gaya pendidikan yang semakin lama semakin buruk. Dibawa pada ranah kepentingan pasar. Kalian harus membuat kurikulum alternatif agar mampu mengimbangi kurikulum yang sudah berkembang.

Saya yakin jika kalian mampu dan memiliki potensi di sana. Tempat khursus bimbingan belajar kalian akan dibanjiri siswa.

  1. Jasa Pengelola Web

Image result for jasa pengelola web

Masuknya era digital membuat banyak orang Indonesia beralih dari transaksi tradisonal menuju digital. Banyak ilmuan mengatakan bahwa saat ini masuk ke dalam era distrupsi. Era dimana peralihan dari langsung ke digital.

Di era digital seperti sekarang ini, salah satu media yang digunakan adalah website. Bahkan beberapa orang mengunakan website sebagai tempat mencari uang. Tidak hanya sekedar menyampaikan informasi.

Maka dari itu, pengelola website sangat dibutuhkan di era ini. Modalnya pun sangat murah meriah, tinggal membeli domain sama hosting doing itu pun bisa dipakai dalam waktu satu tahun.

Jika kalian mempunyai keahlian di bidang ini, kalian sangat beruntung untuk dapat mencari uang lebih mudah. Banyak perusahaan ataupun oragnisasi membutuhkan jasa para web master. Dan bagusnya, web master ini tidak semua orang bisa melakukannya. Ini peluang, buruan pelajari atau kalau sudah mahir kalian buruan manfaatkan.

Sedangkan usaha yang bisa dibuka di rumah di antaranya adalah

  1. Catering

Image result for catering

Jasa catering mungkin bisa menjadi alternatif usaha yang bisa dilakukan di daerah berkembang. Usaha ini sangat mudah untuk dilakukan, dan tidak memakan biaya atau modal yang besar. Apalagi jika kalian yang memiliki hobi masak. Sembari melampiaskan hobi juga bisa cari uang sekalian.

Jika dihitung soal keuntungan, catering memiliki nilai keuntungan yang besar layaknya usaha kuliner yang lain. Apabila dikelola dengan serius, saya yakin nilai kesejahteraannya terjamin dan bisa membantu masyarakat di sekitarnya.

Gimana menarik untuk dicoba kan ? Apa masih ragu untuk melakukannya cuma gara-gara tidak memiliki modal yang besar ?

  1. Laundry

Image result for laundry

Usaha yang satu ini sangat menjanjikan dan tidak memerlukan modal yang besar. Terlebih jika tempat tinggalnya berada di kawasan perguruan tinggi atau di daerah industri. Pasti banyak sekali yang membutuhkan jasa laundry ini.

Sudah bisa dibayangkan kan? Berapa keuntungan yang akan didapat jika membuka jasa laundry? Ya, kalian pasti akan mendapatkan hasil atau keuntungan yang besar. Hal tersebut dikarekan modal di usaha laundry ini tidak besar.

Kalian juga dapat melakukan usaha ini di rumah, tidak perlu menyewa ruko. Memanfaatkan halaman rumah yang ada sebagai media untuk mendukung produksi. Selain itu, kaian juga dapat dengan mudah mencari karyawan. Karena pekerjaan ini dapat dilakukan oleh semua orang, dan tidak membutuhkan keahlian khusus.

Jika kalian menukuni usaha ini, kalian akan dapat membantu orang lain dalam mencari kerja dan tentunya membantu negara dalam mengentaskan kemiskinan.

  1. Kerajinan Tangan

Image result for kerajinan tangan

Salah satu hal yang ringan dan bisa dilakukan di rumah adalah membuat kerajinan tangan. Usaha ini tidak harus membutuhkan tempat yang besar. Namun memiliki prospek yang menjajikan.

Usaha ini dibutuhkan keterampilan khusus, dan tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Bukan berarti tidak bisa dipelari. Adanya teknologi yang sudah maju memudahkan kita untuk mengakses hal tersebut sebagai contohnya Youtube.

Dan untuk menjualnya pun, sekarang lebih mudah karena sudah tersedia market place yang dapat mampu menjangkau pasar lebih besar. Tidak usah lagi kebinggungan siapa yang mau beli kerajinan yang kalian buat.

Kerajinan tersebut dapat berupa kerajinan rajut, patung, dan masih banyak contoh kerajinan yang lain.

Sudah dapat dibayangkan kan ? Usaha apa saja yang dapat dilakukan untuk menambah nilai ekonomi keluarga. Bisa dicoba untuk diterapkan di daerah kalian masing-masing.

Keterbukaan era digital saat ini semakin mudah orang untuk mencari rezeki dan banyak referensi yang bisa dicari dengan lebih mudah. Dan tidak membutuhkan tempat dan waktu tertuntu. Di gadget kalian dapat mengakses informasi apapun yang kalian sukai.