Salah satu cara agar cepat kaya namun tidak memiliki modal banyak adalah dengan menjadi seorang distributor (usaha distribusi). Usaha distribusi ini merupakan salah satu bentuk pemasaran produk yang meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan langsung kepada konsumen akhir.

Untuk menjadi seorang distributor kalian tidak harus mempunyai modal besar. Hal tersebut dikarenakan kalian hanya bermodal relasi atau jaringan yang memiliki kemampuan produksi untuk kalian pasarkan. Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang sangat mudah, apalagi bagi kalian yang mempunyai kemampuan marketing di atas rata-rata. Tidak ribet juga, soalnya kalian tidak memikirkan proses produksinya.

Ada dua cara yang lazim dilakukan oleh seorang distributor :

  1. Murni menjadi orang atau pihak yang melakukan tugas distribusi atau menyalurkan produk dengan cara membuat jaringan pasar sendiri. Tipe seperti ini, kalian hanya menjadi distributor tempa dan tidak perlu membeli barang kepada produsen dengan skala yang besar dan membutuhkan modal yang banyak.
  2. Bertindak sebagai pengecer. Hal ini biasanya dilakukan dengan cara distributor membeli terlebih dahulu produk tersebut kemudian menjualnya ulang dengan jumlah kecil. Distributor mendapatkan keuntangan dari setiap barang yang terjual dari stoknya tersebut. Dalam relasi kerja tip eke-dua ini, produsen sudah tidak lagi memiliki tanggungjawab pada distributor.

Pada umumnya, tipe yang pertama tersebut banyak dilakukan oleh orang-orang pada umumnya, terutama pada mahasiswa. Distributor hanya memasarkan produk hasil olahan produsen kemudian kalau produknya sudah laku, distributor baru menyetorkan ke produsen. Sistemnya bisa dengan persenan namun harga ditentunkan produsen atau bisa juga distributor mengambil keuntungan sendiri dari produk yang dijualkan.

Sedangkan tipe ke-dua, biasanya dilakukan oleh toko retell atau pedangan kecil lainnya. Relasi kerja yang dibangun pada tipe ke-dua ini, distributor mengambil keuntungan sendiri dari setiap barang yang dibelinya dari produsen. Hal tersebut dikarenakan kontrak antara produsen dan distributor hanya seperti penjual dan pembeli pada umumnya. Hubungan kontrak kerjanya selesai pada transaksi jual beli yang dilakukan.

Jika kalian menerjuni bidang distribusi, berikut keuntungan yang akan kalian dapatkan

  1. Tidak memiliki beban produksi, artinya tidak terlalu memikirkan resiko kerugian yang akan dialami. Karena pendapat seorang distributor hanya bergantung seberapa banyak jumlah produk yang dapat tersalurkan. Bukan dari perhitungan HPP yang dikeluarkan.
  2. Margin alias profit yang didapatkan besar, karena di era digital seperti sekarang ini akses marketing sangat terbuka luas. Dan pasar pun bisa didapatkan di mana-mana. Dengan adanya internet dan pasar online jangkauan distribusinya tidak hanya berhenti pada jaringan yang dimiliki.
  3. Distributor tidak lagi memikirkan jumlah barang yang basi, busuk, ataupun kedaluwarsa. Hal tersebut dikarenakan itu merupakan pekerjaan seorang produsen. Distributor hanya mendistribusikan barang saja. Makanya pekerja di bidang ini, bisa dibilang lebih soft atau fleksibel.
  4. Bisa memilih barang apa saja yang mau didistribusikan. Distributor menjadi sangat enak dikarenakan dirinya dapat memilih produk yang akan dijualkan sendiri. Misalkan jika produk A tidak mengalami penjualan yang stabil maka distributor dapat dengan mudah berganti ke produk B yang memiliki jumlah penjualan yang stabil.

 

Tidak adanya ikatan yang kuat dengan produsen membuat distributor lebih leluasa untuk mimilih produk apa saja yang mau dijual. Tentunya, mereka akan memilih barang yang sekiranya menguntungkan dong. Dengan demikian distributor masih tetap menjaga keuntungannya.

Distribusi dikenal sebagai pekerjaan yang paling cepat dan mudah untuk mendapatkan uang. Hal tersebut dikarenakan pekerjaan ini tidak harus melewati proses panjang produksi yang menyita banyak waktu dan perhatian. Namun, karena distributor tidak dibebankan HPP yang terkadang membuat mereka tidak pahak dalam perhitungan hasil produksinya. Akhirnya, untuk penjualan mereka harus mengikuti dari si produsen. Dan terkadang hal tersebut yang membuat distributor harus mendapatkan nilai akumulasi keuntungan yang kecil.

Komoditas menarik yang mempunyai peluang besar jika dijadikan produk yang didistribusikan

  1. Distributor Produk Pakaian

Image result for usaha pakaian atau fashion

Kita tahu bahwa pakaian merupakan barang wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang. selain dikarenakan masuk dalam kebutuhan pokok, pakaian juga biasa dijadikan sebagai bahan gaya atau bahkan melihat status sosial seseorang.

Maka dari itu, tidak heran jika pakaian menjadi barang (komoditas) yang mendapatkan perhatian paling besar. Pelbagai model pakaian dengan pelbagai macam merk tersebar di seluruh pasar. Dan semuanya laku, tanpa meninggalkan sisa sedikit pun.

Melihat besarnya ketergantungan orang terhadap pakaian, maka itu pula yang menjadi peluang emas untuk didistribusikan. Tidak ada barang dagangan yang tidak laku, jika sudah masuk dalam pasar.

Pakaian juga merupakan komidatas yang tidak cepat basi. Artinya kalian tidak usah khawatir mengalami kerugian karena barang tidak laku.

Jika kita mengamati tren pakaian yang ada. Tren pakaian memang cepat mengalami perubahan, namun perubahan tersebut hanya memutar saja. Yang dulu dianggap kuno dan tidak modern, sekarang orang-orang suka yang klasik dan bahkan yang dianggap lebih modern.

Saran dari kami sih, simpan aja jenis pakaian kalian yang tidak laku, pasti besuk akan laris di pasaran. Karena tren pakaian selalu berputar.

  1. Distributor Bahan Pokok atau Sembako

Image result for bahan sembako toko

Komoditas lainnya yang mempunyai potensi besar untuk didistribusikan adalah sembako. Semboko layaknya seperti pakaian. Ia masuk dalam kategori kebutuhan pokok. Jadi, wajar jika semua orang membutuhkan dan memerlukan sembako.

Sembako pun memiliki banyak sekali varietas, di antaranya adalah beras, gula, gandum, mie, dan masih banyak lainnya. Semua memiliki nilai distribusi yang mudah. Hal tersebut dikarenakan nilai konsumerismenya juga tinggi.

 

Hampir semua orang membutuhkannya. Maka wajar saja salam suatu tempat penjual (distributor) sembako tidak hanya 1 atau 2. Dan semuanya pasti laku dan berpotensi untuk menjadi besar.

 

Apalagi, jika kalian dapat menawarkan harga sembako yang rendah. Hmm, pasti kebanjiran pembeli itu. Mereka bahkan rela antri-antri demi mendapatkan harga yang murah. Pasalnya akumulasi harga sembako akan besar karena nilai kebutuhannya juga besar.

  1. Distributor Air Minum

Image result for air minum kemasan

Air minum terlebih air minum kemasan sekarang sudah menjadi barang yang membuat orang tergantung. Bahkan ketergantungan orang terhadap air kemasan sangat tinggi. sekarang sudah jarang ditemui orang yang merebus air untuk kepentingan minum sehari-hari. Pasti mereka lebih memilih Aqua, Vit, atau merek minuman kemasan lainnya.

 

Jadi wajar saja hal tersebut membuka mata para palaku bisnis untuk membuat air minum kemasan. Bahkan, setiap instansi ataupun lembaga mempunyai merek air kemasan sendiri. Ini bisnis yang sangat luar biasa berkembangnya.

 

Maka, memilih menjadi distributor air minuman bisa menjadi pilihan. Air minuman pula memiliki masa depan yang menjanjikan. Semua orang butuh minum, dan hampir semua orang tergantung dengan air minum kemasan.

 

Apalagi jika nantinya kalian dapat menawarkan harga yang lebih murah beserta paket deleverynya. Sudha yakin, kalian akan kebanjiran pesanan.

  1. Distributor Makanan Ringan

Image result for makanan ringan atau snack

Makanan ringan menjadi komoditas yang memiliki nilai konsumerisme yang tinggi. Terlebih jika kalian hidup di lingkungan sekolahan. Makanan ringan menjadi salah satu jajanan favorit mereka. Hal tersebut dikarenakan makanan ringan mempunyai harga yang murah dan kelezatan yang maksimal karena diolah dengan mengunakan banyak micin.

 

Keuntungan dari makanan ringan memang tidak seberapa, namun jika dilihat dari akumulasi suplai dan domainnya hal tersebut relatif memiliki nilai akumulasi keuntungan yang besar. Dalam istilah jawa ada istilah sitik-sitik sek penting kelakon.

 

Jika kalian hidup di daerah sekolahan atau daerah yang tumbuh anak-anak atau pelajar. Menjadi distributor makanan ringan menjadi alternatif yang usaha yang menjanjikan. Pasalnya, pangsa pasar makanan ringan ataupun ciki-ciki adalah anak-anak.

Dan modal yang kalian keluarkan relative kecil dengan nilai akumulasi keuntungan yang besar.

  1. Distributor Sepatu

Image result for distributor sepatu

Sepatu menjadi komoditas wajib di era sekarang ini. Tidah heran jika komonitas snikers mempunyai perhatian khusus pada komoditas ini. Bahkan, jika sudah memiliki pasar yang tepat. Harga jual komoditas ini setara dengan satu kendaraan bermotor. Baik mobil ataupun motor.

Mereka mempunyai anggapan bahwa sepatu adalah salah satu barang investasi yang mempunyai nilai prestrise yang tidak bisa diremehkan. Maka dari itu, banyak anak yang menjadi distributor ataupun retell pada komoditas ini.

Bahkan, kemudahaan teknologi saat ini, kalian tidak harus memiliki modal untuk dapat menjualkan sepatu yang memiliki harga selangit tersebut. Kalian hanya merepost dan memberi harga yang lebih tinggi saja sudah bisa menjual dan bahkan memiliki keuntungan yang berkali lipat. Apalagi kalau sepatu yang kalian distribusikan langka, pasti banyak yang memburu dan berani ngasih harga melangit.

Sebelum kalian melakukan usaha distribusi tersebut, alangkah baiknya jika kalian memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

  1. Membuat analisa pasar dengan cara memetakan target pasar yang akan menjadi sasaran distribusi kalian. Termasuk di dalamnya analisis pesaing yang masuk di dalam segmentasi pasar.
  2. Menentukan volume jumlah barang yang akan didistribusikan. Perhitungan matematis ini sangat diperlukan agar jumlah volume barang yang dijadikan stok sesuai dengan target pasarnya. Dalam hal ini termasuk banyaknya barang yang harus didistribusikan.
  3. Memperhitungkan jumlah karyawan yang akan terlibat dalam perluasan jaringan distribusi kalian.
  4. Membuat standard operasional kerja (SOP) antara karyawan dengan owner ataupun antara perusahaan dengan konsumen. Hal tersebut dilakukan agar kinerja kalian dapat berjalan sesuai prosedur dan tentunya rapi.
  5. Membuat perencanaan marketing atau business plan. Ini penting untuk dilakukan agar bisnis yang kalian lakukan dapat terarah dan kokoh karena memiliki perencanaan yang kokoh.