Halo kali ini CSRKITA akan mengulas tentang Mengerti Manfaat dan Cara Membuat Mind Mapping. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan.

Sebagian besar dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan mind mapping atau lebih sering disebut dengan mind map. Banyak kegiatan sehari-hari yang menggunakan mind map seperti dalam urusan bisnis, pendidikan, maupun kegiatan pribadi. Kegunaannya yang efektif memang seringkali dimanfaatkan untuk membuat segala sesuatu menjadi lebih sederhana dan tidak rumit. Sebelum lebih jauh membahas kegunaan, manfaat, dan cara membuat mind map, alangkah lebih baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu pengertian mind mapping.

Mind mapping berasal dari bahasa Inggris yakni mind dan mapping yang artinya mind=pikiran dan mapping=pemetaan. Mind mapping berarti pemetaan cara berpikir atau pikiran dan ide-ide seseorang. Pemetaan tersebut biasanya dituangkan ke atas kertas atau dalam bentuk visual yang dapat dilihat berupa peta-peta pemikiran. Secara lebih sederhana, mind map merupakan sebuah metode untuk mengelola dan memetakan informasi secara keseluruhan agar mudah dipahami. IQmatrix menyebutkan bahwa mind map juga dapat menyimpan informasi, mengorganisir informasi, menegaskan skala prioritas, meninjau kembali, dan mempermudah dalam mengingat informasi.

Mind map sebagai sebuah metode telah lama digunakan dan dipopulerkan oleh Tony Buzan yang merupakan seorang penulis dan seorang artis berwarganegaraan Inggris. Selain artis, ia juga merupakan seorang psikolog Inggris sekaligus dicatat sebagai penemu mind map. Tony Buzan tidak hanya menemukan konsep mind map, ia juga merupakan ketua Yayasan Otak (Brain Trust) sekaligus pencipta konsep Melek Mental. Hasil pemikirannya ini kemudian diaplikasikan dalam berbagai bidang seperti pendidikan, teknik, bisnis, dan lain sebagainya. Tony Buzan mengatakan bahwa mind map dapat membantu dalam banyak hal seperti merencanakan, berkomunikasi, menyusun teori, menyelesaikan masalah, dan banyak hal lain.

Kegunaan Mind Map

Mind map dapat banyak berguna bagi kehidupan sehari-hari, baik dari segi pekerjaan, pendidikan, maupun dalam urusan pribadi. Berikut beberapa kegunaan mind map dalam kehidupan keseharian:

  1. Memecahkan masalah (problem solving).
  2. Membuat garis besar informasi, rencana, ataupun ilmu pengetahuan baru.
  3. Merencanakan sebuah bisnis, liburan, dan lain sebagainya.
  4. Mempelajari bahasa asing.
  5. Keperluan mengajar di kelas.
  6. Mempersiapkan materi untuk ujian sekolah.
  7. Memahami suatu teori yang rumit.

Manfaat Mind Map

Adapun beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan membuat atau mencatat menggunakan metode mind map adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kemampuan dalam melihat dan merekamnya dalam memori ingatan.
  2. Dapat memahami informasi secara lebih detail dan terstruktur dengan baik, karena tema utama dan tema penjelas teridentifikasi dengan baik.
  3. Mampu melakukan manajemen informasi, meningkatkan imajinasi dan konsentrasi, serta memeperkuat memori ingatan.
  4. Mempercepat proses membuat peta informasi dan pencatatan.
  5. Jika ada informasi baru, dapat ditambahkan tanpa merusak struktur informasi yang lama.
  6. Menjadikan kegiatan belajar, memetakan, dan mengingat sesuatu menjadi hal yang menyenangkan dan tidak monoton.
  7. Memicu kreativitas dalam membuat peta informasi karena setiap orang bebas membuat mind mapnya sendiri.
  8. Menjadikan kegiatan mengingat sebagai hal yang tidak membosankan.
  9. Mempermudah belajar sekaligus menghemat kertas dan tinta dibanding dengan menulis secara terperinci (apabila membuat mind map di atas kertas).

Jenis-Jenis Mind Map

Terdapat beberapa jenis mind map yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis mind map yang biasa kita kenal:

  1. Mind Map Silabus

Mind map silabus dikenal juga dengan istilah mind map makro, yakni jenis mind map yang memberikan gambaran dan peta tentang apa yang dipelajari. Mind map jenis ini biasa dibuat dalam ukuran besar dan ditempel di dinding untuk keperluan publik seperti kantor dan kelompok organisasi. Namun bisa juga digunakan oleh individu untuk mengingat teori yang dipelajari.

  1. Mind Map Bab

Jenis berikutnya adalah mind map bab yang dibuat berdasarkan bab-bab yang telah dipelajari. Bab-bab tersebut diringkas dan ditulis kata kuncinya untuk dipetakan ke dalam bentuk mind map agar mudah dalam mengingatnya.

  1. Mind Map Paragraf

Mind map paragraf cukup berbeda dengan mind map sebelum-sebelumnya karena mind map jenis ini dapat memberikan kedetailan berupa paragraf. Informasi yang diberikan lebih lengkap karena dapat memahami garis besa dari setiap paragraf. Mind map jenis ini dapat dibuat di buku catatan bergaris, berbeda dengan min map lainnya yang menggunakan kertas polos.

Cara Membuat Mind Map

Mind map memang mempunyai banyak manfaat dan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari, namun hal itu juga tergantung bagaimana kita mengaplikasikan metode mind map. Terdapat cara-cara dan aturan dalam membuat mind map yang baik dan benar. Apabila kita membuat mind map secara asal-asalan, bisa saja justru tidak ada manfaat yang kita dapatkan. Melainkan justru semakin merumitkan dan menyusahkan kita.

Pada dasarnya, membuat mind map bukanlah hal yang susah, terpenting kita memiliki kemauan dan mengerti metode membuatnya. Biaya dan peralatannya pun tidak banyak, cukup menggunakan kertas dan alat tulis. Kertas yag digunakan bisa menyesuaikan kebutuhan, menggunakan kertas buku gambar, kertas buku tulis, maupun kertas besar tentunya dipersilahkan. Begitupun dengan alat tulis, tidak ada batasan harus menggunakan pensil, spidol, atau bolpoin, tergantung kebutuhan setiap orang.

Setelah semua peralatan lengkap, berikut ini adalah garis besar cara membuat mind map untuk kepentingan pribadi:

  1. Tentukan gagasan utama/ide utama.

Dalam setiap informasi, pasti terdapat gagasan utama yang disampaikan dan ingin dipahami. Gagasan utama ini tulis sebagai inti sebuah mind map, pertegas dengan menebalkan huruf dan membuat lingkaran atau kurung gagasan utama tersebut dengan bentuk sesuka hati. Pastikan ide utama ini berada di tengah ataupun atas sebuah mind map.

  1. Tentukan gagasan penjelas/ide turunan.

Gagasan penjelas merupakan tema turunan yang tidak jauh melenceng dari gagasan utama. Gagasan penjelas ini seperti sub-sub yang ingin menjelaskan maksud dari gagasan utama. Buatlah cabang-cabang di antara gagasan utama tadi sebagai lokasi atau tempat menulis gagasan penjelas.

  1. Cari hubungan antara gagasan satu dengan yang lain, hubungkan dengan tanda tertentu.

Gagasan utama akan melahirkan gagasan penjelas, maka gagasan penjelas ini juga akan melahirkan gagasan-gagasan turunan lainnya. Dari setiap gagasan ini ada keterkaitan satu sama lain. Penting untuk menghubungkan antara satu gagasan dengan gagasan yang lain. Hubungkan setiap gagasan menggunakan garis, simbol, atau menggunakan warna-warna tertentu sesuai selera. Melalui pola hubungan antar gagasan ini kita akan mudah memahami pola informasi yang kita pelajari.

  1. Gunakan kata kunci.

Dalam membuat mind map, jangan sampai menggunakan kalimat-kalimat panjang karena akan merusak peta dan menyulitkan kita. Cukup menggunakan kata kunci di setiap gagasan yang muncul.

  1. Gunakan huruf besar.

Menggunakan huruf besar akan mempermudah kita dalam mengenali setiap gagasan. Huruf besar juga bagus digunakan apabila mind map kita penuh dengan gambar, simbol, dan warna. Gagasan utama bisa menggunakan huruf besar sementara gagasan-gagasan penjelasnya menggunakan huruf kecil.

  1. Hilangkan proses edit.

Pada karya tulisan biasanya, proses edit diperlukan sebagai sebuah penyempurnaan. Namun dalam membuat mind map sebisa mungkin jangan mengedit karya kita baik dalam proses pembuatan ataupun nanti apabila telah selesai. Proses edit ini akan mengganggu fokus dan dapat mengubah pola pikiran kita sehingga menghambat pemahaman.

  1. Sisakan ruang kosong guna penambahan gagasan baru.

Mind map yang baik adalah yang memiliki pola lengkap dengan memodifikasi dan memberikan berbagai gagasan baru. Ide munculnya gagasan baru ini biasanya tidak terjadi begitu saja dan memerlukan waktu. Pemberian ruang akan mempermudah kita apabila terdapat gagasan baru yang ingin ditambahkan. Tak hanya gagasan baru, informasi tambahan dan poin penting dari mind map juga dapat dibubuhkan dalam ruang kosong ini. selain itu, ruang kosong juga dapat menjadi tempat mengkreasikan imajinasi kita agar tampilan mind map tidak monoton.

Mind Map Unik yang Dapat Kita Temui Sebagai Contoh

Mind map telah lama digunakan oleh berbagai kalangan dalam menyelesaikan dan membantu mempermudah peta konsep. Berikut adalah beberapa mind map unik yang terkenal dan dapat kita temui sebagai ide membuat mind map.

  1. Mind map unik Brain Fucntios (fungsi-fungsi otak) buatan Paul Foreman.
  2. Mind map berjudul Tips-tips Kreatifitas karya Tony Buzan sebagai penemu konsep mind map.
  3. Habit Transformation (Transformasi Kebiasaan) oleh Adam Sicinski.
  4. Woork Smart (Kerja Cerdas) yang dibuat oleh Thum Cheng Chong
  5. Dan Creative Intellegence yang juga dibuat oleh Thum Cheng Chong.

Dari berbagai penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa mind map memiliki banyak manfaat dan keunggulan. Mind map merupakan teknik atau metode mencatat yang mempermudah kita dalam mengingat dan memetakan suatu informasi. Metode ini telah banyak digunakan sejak dahulu kala dan menjadi acuan dalam beberapa gagasan. Pola mind map yang bebas menggunakan garis, simbol, warna, dan tanda-tanda guna menciptakan bentuk mind map yang tidak monoton dan segar. Dalam membuat mind map, diperlukan kreatifitas dan kemauan untuk memperbaiki mind map agar semakin lebih baik.