Subscribe Now

Trending News

Redaktur Utama CSRKita.com

Muhammad Darwinsyah : Konsultan CSR dan Komunikasi Terkemuka Indonesia

Muhammad Darwinsyah, SE, MM atau biasa dikenal Darwin merupakan konsultan corporate social responsibility (CSR) yang memiliki banyak pengalaman dalam bidang pembangunan berkelanjutan. Sebagai seorang konsultan CSR, Darwin mempunyai beberapa bidang yang menjadi konsentrasi selama berperan sebagai seorang profesional konsultan. Bidang yang menjadi konsentrasinya, meliputi steakholder mapping, social mapping, strategic CSR implementation, dan exit strategi. Beliau adalah Redaktur utama dari portal CSRKITA.COM.

Selain menguasai beberapa bidang di atas, Darwin juga dikenal sebagai pribadi yang sangat fleksibel dan memiliki komintmen tinggi dengan didukung keterampilan analitis dan interpersonal yang kuat. Sebagai seorang konsultan profesional, Darwin memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik. Selain itu, dirinya dikenal sebagai pribadi yang mempunyai motivasi diri yang tinggi, memiliki pengalaman dalam merancang strategi dan program komunikasi yang holistik serta dapat membangun komunikasi yang baik pada semua pihak.

Konsultan Program CSR Berpengalaman

Darwin menyadari dunia CSR memiliki banyak tantangan dengan karakter yang berbeda-beda dan sebagai profesional harus mampu beradaptasi dengan lingkungan tersebut, agar program dapat terimplematasi secara maksimal. Oleh karena itu, Darwin memiliki etos kerja dan kemampuan adaptasi dengan lingkungan kerja yang sangat tinggi. Tidah hanya itu, Darwin juga dapat bekerja di bawah tekanan, akan tetapi mampu mempertahankan kinerja dengan baik dan sesuai rencana.

Kinerja profesionalitasnya sebagai seorang konsultan CSR juga didukung dengan background pendidikan yang memadai. Darwin merupakan mahasiswa doktoral bidang pembangunan berkelanjutan Universitas Trisakti, Jakarta. Selain itu, Darwin menamatkan program masternya dalam bidang MM-CSR di Universitas yang sama pada tahun 2016.

Mendukung profesinya sebagai seorang konsultan CSR, Darwin bergabung dengan Forum CSR DKI Jakarta. Dalam forum CSR tersebut, Darwin berada dalam devisi manajemen media dan komunikasi sejak Juni 2019. Sebagai bentuk tanggungjawabnya kepada masyarakat (public) mengenai, Darwin mendirikan portal berita dan blog www.csrkita.com sebagai upaya mengedukasi masyarakat melalui pemberitaan.

Sejak tahun 2014, Darwin dipercaya Kiroyan Partner sebagai konsultan komunikasi untuk mengembangkan perencanaan dan implementasi CSR PT. Aquafarm Nusantara. Oleh karena itu, sepak terjangnya dalam dunia CSR sudah tidak diragukan lagi, dengan segudang pengalaman yang Darwin miliki. Pengalaman-pengalaman tersebutlah yang menjadi karakter dan unggulannya sampai saat ini, Darwin memiliki komunikasi yang baik dan tangguh saat di lapangan terutama dalam mengeksekusi program.

Jejak Karya

A. Koordinator Departemen Penyiaran dan Periklanan di STIKom InterStudi, sejak Juli 2019 – sekarang.

B. Divisi Manajemen Media dan Komunikasi di Forum CSR Jakarta, sejak Juni 2019 – Sekarang.

C. Manajer operasional Lalintas.com, Januari- Oktober 2018.

D. Founder dan Owner csrkita.com, sejak Januari 2017.

E. Dosen di beberapa universitas di Jakarta

F. Dosen di Fakultas Komunikasi, Universitas Budi Luhur.

G. Dosen di STIKOM InterStudi.

H. Dosen Komunikasi di Politeknik Media Negeri Jakarta.

I. Konsultan Strategi Komunikasi dan CSR, sejak Juli 2014 – sekarang.

J. Direktur eksekutif dan ketua tim di NTMC Polri Media Centre, Jakarta, Maret 2013 – Juni 2018.

K. Aquafarm Nusantara, Medan, September 2013 – Juli 2014.

Dalam melakukan kerja-kerja dengan PT. Aquafarm Nusantara, Darwin bertugas sebagai manajer dalam urusan publik. Spesifikasi kerja yang dilakukan adalah menyarankan dan mengimplementasikan program komunikasi yang mendukung pembangunan citra untuk PT. Aquafarm Nusantara. Menyediakan dan menyarankan komunikasi perusahaan, merencanakan dan mengimplementasikan program CSR perusahaan. Menyediakan dan memberi saran kepada klien pemerintah untuk strategi kelembagaan dan urusan publik.

L. Media Televisi Indonesia (MetroTv), Oktokber 2004 – Desember 2012.

Sebagai lulusan komunikasi, Darwin juga memiliki karier profesional dalam bidang media yang tidak bisa diragukan lagi. Bergabung dengan PT. Media Televisi Indonesia dan menempati beberapa tanggungjawab penting di sana, memantapkan dirinya sebagai konsultan komunikasi yang tidak bisa diragukan. Darwin pernah menjabat sebagai Kepala Biro Riau ( sebagai produser lapangan, direktur program, dll) pada bulan Maret 2009 – Desember 2012. Selain itu, Darwin juga pernah menjabat sebagai koordinator wilayah berita, pada Maret 2008 –  Februari 2009.  Sebelum mencapai pada jabatan yang strategis seperti yang dijelaskan di atas, Darwin adalah seorang jurnalis kamera dan video, sejak tahun 2004. Kegigihan dan profesionalitas yang dimiliki Darwin itulah, yang menyebabkan dirinya mengalami kenaikan jabatan pada setiap periode kerja di PT. Media Televisi Indonesia.

M. Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI), Februari 2002

Darwin juga pernah bekerja sebagai teknisi dan operator on air pada stasiun tranmisi di Medan.

Aktivitas Profesional Non-Karir

A. Sutradara dalam pembuatan film pendek : “Millenial Cinta Lalu Lintas” (January, 2019)

B. Peneliti dan Penilai di  CSA  (CECT Sutainable Award) 2018 (Desember 2018)

C. Pembicara di ‘Kementerian Desa’ Public Relations Improvement Workshop (July, 2018)

D. Meneliti dan memberikan rekomendasi tentang program exit strategi salah satu perusahaan asing di Indonesia yang bekerja sama dengan salah satu lembaga funraising Indonesia (April, 2018)

E. Pembicara dan Instruktur dalam pelatihan keterampilan komunikasi dan penyiaran jurnalistik di Bilik Pintar Indonesia yang bertempat Pemakaman Umum Menteng Pulo Jakarta (Maret – Juni 2018)

F. Pembicara dan instruktur dalam pelatihan keterampilan komunikasi publik di Adventure Technology (AVTECH) Indonesia (Februari – April 2018).

G. Pembicara “Komunikasi Kehumasan Zaman Now” di pelatihan hubungan masyarakat of Kementerian Desa (Maret 2018)

H. Speaker “Broadcast Jaman Now”, in Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (BP3K PKK) Kementerian Ketenagakerjaan RI (Desember 2017)

I. Speakers in Public Speaking Training at Pusat Pendidikan Lalu Lintas Lemdiklat POLRI (Oktober 2017)

J. Speakers “Public Speaking Jaman Now” in Kemah Ceria Akbar of Indonesia Kemah Ceria Community (Desember 2017)

K. Speakers of Public Speaking in public speaking training of Kementerian Ketenagakerjaan RI (Desember 2016)

L. Speaker as well as instructor in public speaking training at Media Management Center (M2C) Public Relation Division of Polda Metro Jaya (Desember 2016)

M. Speaker on technical coaching TMC/RTMC/NTMC Presenter from all personnel of POLRI Traffic Corps Across Indonesia (Agustus 2015)

N. Jury for Contest of Making Media and Information Technology – Based Learning (July 2012)

O. Founder and Vice Chairman of Indonesian Television Journalist Organization (IJTI) Riau (2011)

P. Speakers of Indonesia Journalist Unity, Siak(2011)

Q. Founder and Public Relations of Riau Owner Blazer Community (2011-2012)

R. Lecturer of Riau Communication Institute (2009)

S. Participant of Contest Photography (HarianWaspada) (2009)

T. Founder and Lecturer of Foundation of Medan Publications (2007)

U. Participant of Focus Group Discussion (PERTAMINA) (2007)

V. Participant for UKM Of Photography UNHAS, Makassar (25 May 2004)

W. Participant of International Youth Exchange Program (16 May 2004)

Q. Participant of SCTV Goes To Campus, Medan (17 April 2004)

Y. Participant of Art Photograpy Workshop, Medan (24 January 2004)

Z. Participant of Broadcasting Production House Audiovisual USU (16 October 2003)

Pakar CSR Indonesia

Dari pengalaman dan aktifitas profesional yang telah dilakukan, Darwin memiliki beberapa kemampuan yang bisa diperhitungkan terutama dalam bidang komunikasi dan profesional konsultannya. Beberapa skil yang dimiliki Darwin, anatara lain

A. Peneliti,

B. Manajerial resiko,

C. Corporate Social Responsibility, Steakholder Mapping, Social Mapping, Exit Stratery, dll.

D. Pembicara dan Dosen

E. Public Relation (Penanganan Media, Perencanaan Media, Pemantauan Media, dll).

F. Tim Work Skill Management

G. Direktur Program dan Prodser Lapangan.

H. Fotografer

I. Videografer

Laki-laki dengan segudang pengalaman ini lahir pada tanggal 21 November 1981. Saat ini bertempat tinggal di Kalibata City, Tower Kemuning 15AV, Jakarta Selatan. Jika kalian ingin berkenalan atau menjalin hubungan kerja dengannya, bisa menghubungi +62 811822181, atau email emdarwinsyah@gmail.com.