PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) Merubah dan Menata Pedangan Asongan Melalui Koperasi

CSRkita (2/2) – Program Corporate social responsibility (CSR) PT Pembangunan Jaya Ancol akhirnya membuahkan hasil. Program CSR yang membentuk koperasi Reseller (Pedangan Asongan) di sekitar taman impian jaya ancol akhirnya pada hari Jumat (1/2) kemarin dapat membagikan SHU (sisa hasil usaha) dalam rapat anggota tahunan 1 (RAT). Jumlah SHU yang tercatat dalam RAT berjumlah 28.117.000,- padahal koperasi yang dijalankan baru efektif berjalan selama 6 Bulan.

Dalam program pembentukan dan pendampingan koperasi Reseller ini PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Menggandeng CECT Universitas Trisakti sebagai mitra pelaksana yang bertugas untuk mendampingi dan memberikan pengetahuan tentang tata kelola dan manajemen koperasi. Dengan membentuk koperasi reseller, diharapkan mereka dapat secara kolektif memaksimalkan keberadaan koperasi, harapannya agar barang yang dijual mereka dapat mendapatkan nilai yang maksimal yaitu harga jual tinggi dan harga belinya lebih murah.

Oleh karena itu, koperasi ini dibentuk salah satunya agar reseller terhindar dari rentenir. Selain itu reseller binaan ini diharapkan dapat menjadi mitra binaan strategis yang dapat menjaga kawasan ancol dan mendukung penjualan merchandise Ancol.

C. Paul Tehusijarana Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol menyampaikan, selain membentuk koperasi reseller, PJAA juga terus berkomitmen untuk mendorong pengembangan potensi masyarakat di sekitar perusahaan melalui program CSR. Program CSR yang sudah diberikan kepada masyarakat antara lain Sekolah Rakyat Ancol (SRA), mobil pintar Ancol, pemberdayaan masyarakat di kecamatan Pademangan (kelurahan Pademangan Barat, kelurahan Pademangan Timur, dan kelurahan Ancol) yaitu program kedai gizi balita, sabun ramah lingkungan, khitanan masal, penelitian dan pengembangan keanekaragaman hayati dan masih banyak lainnya.

PJAA terus berkomitmen mendukung program Gubernur DKI Jakarta dalam memberikan manfaat kepada masyarakat. Selain itu C. Paul Tehusijarana memberikan nasehat agar pengurus koperasi ini dapat menjaga amanah anggota koperasi dan dapat mengembangkan potensi koperasi sehingga anggota koperasi yang merupakan reseller yang tinggal di sekitar taman impian jaya ancol dapat sejahtera.

Berbagai pelatihan dan pendampingan diberikan kepada reseller agar mereka secara aktif terlibat dalam pengembangan potensi reseller sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup mereka. Reseller binaan ancol ini adalah mayoritas penduduk Jakarta Utara yang terdiri dari kelurahan Pademangan Barat, Kelurahan Pademangan Timur, Kelurahan Ancol dan kelurahan penyangga lainnya.

Program pendampingan reseller ini sendiri telah dilaksanakan dari awal tahun 2018. Kegiatan yang dilakukan diantaranya dimulai dari sosialisasi, pelatihan, pembentukan koperasi dan pendampingan. Kemudian, PJAA dengan melibatkan masyarakat bersama-sama membuat usaha ekonomi kreatif yang menjadi wadah kreatifitas dan penggerak ekonomi kelurahan.

Selain itu, pelatihan dan penyuluhan serta pendampingan juga diberikan kepada Reseller untuk dapat menciptakan reseller Ancol yang mandiri dan Ancol memiliki kualitas lingkungan dan tertata dengan baik.

Sumber : Press Release

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *